Selasa, 21 Oktober 2014

Faktor - Faktor Yang Menentukan Metode Pengendalian Gulma



Pengendalian gulma di lahan pertanian dapat dilakukan dengan berbagai metode pengendalian. Penentuan metode pengendalian gulma di lahan pertanian yang sesuai harus mempertimbangkan beberapa faktor. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam menentukan metode pengendalian gulma antara lain :
a) Siklus hidup dan perkembangbiakan gulma
Gulma semusim atau setahun yang memiliki siklus hidup pendek dan berkembangbiak dengan membentuk biji akan efektif apabila dikendalikan secara mekanis maupun secara kimia sebelum membentuk biji. Hal ini untuk mencegah kemungkinan tumbuhnya biji gulma pada musim tanam berikutnya apabila dikendalikan setelah menghasilkan biji sehingga pengendalian gulmanya tidak efektif.
Sedangkan gulma dua tahunan dan tahunan, selain dikendalikan sebelum menghasilkan biji juga dapat dikendalikan secara mekanis dengan membongkar tanah untuk mengurangi jumlah dan menekan tumbuhnya organ perbanyakan vegetatif gulma pada lahan pertanian.
b). Morfologi gulma
Golongan gulma berdaun lebar lebih peka dan efektif apabila dikendalikan secara kimia menggunakan herbisida dibandingkan gulma golongan rumput maupun teki. Hal ini dipengaruhi morfologi daun golongan gulma tersebut yang berdaun lebar sehingga dengan aplikasi herbisida tajuknya akan lebih banyak menangkap semprotan herbisida. Akibatnya pada golongan gulma berdaun lebar tersebut akan lebih banyak terakumulasi bahan aktif herbisida dan lebih mudah matu terkena aplikasi herbisida.
c). Lokasi gulma
Lokasi gulma tumbuh di lahan pertanian juga mempengaruhi penentuan cara pengendalian gulmanya. Apabila lokasi tumbuhnya gulma pada lahan pertanian di tempat yang sulit dijangkau oleh alat pengendalian gulma yang berukuran besar baik secara mekanis maupun kimia maka pengendalian gulma dapat dilakukan dengan cara mencabut atau mengored gulma.
Hal ini terutama jika tempat tumbuhnya gulma di seputar lubang tanam, di sekitar tajuk tanaman dan di bedengan. Sedangkan apabila lokasi tumbuhnya gulma pada lahan pertanian di tempat yang dapat dijangkau oleh alat pengendalian gulma yang berukuran besar maka dapat dilakukan pengendalian dengan cara disiang dengan cangkul ataupun disemprot dengan herbisida.
Posting Komentar